Senin, 10 Oktober 2016

IPS di SD



Tujuan Pembelajaran IPS di SD
IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan di SD yang mengkaji seperangkat peristiwa, fata, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Memuat materi geografi, sejarah, sosiologi dan ekonomi. Melalui pelajaran IPS, anak diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai. Pada dasarnya, pembelajaran IPS bertujuan membentuk warga negara yang berkemampuan sosial dan yakin akan kehidupannya sendiri di tengah-tengah kekuatan fisik dan sosial, yang pada gilirannya akan menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab, sedangkan ilmu sosial bertujuan menciptakan tenaga ahli dalam budang ilmu sosial.
Secara garis besar, mata pelajaran IPS bertujuan agar anak didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
a.       Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
b.       Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
c.        Memeiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
d.       Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama an berkompetensi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
Sedangkan secara keseluruhan tujuan pendidikan IPS di SD adalah sebagai berikut:
a.       Membekali anak didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupan kelak di masyarakat.
b.       Memebekali anak didik dengan kemempuan mengidentifikasi, menganalisis dan menyusun alternatif penyelesasian masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.
c.        Membekali anak didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat dan berbagai bidang keilmuan serta bidang keahlian.
d.       Membekali anak didik dengan kesadaran, sikap mental yang positif dan keterampilan terhadap pemanfaatan lingkungan hidup yang menjadi bagian dari kehidupan tersebut.
e.        Membekali anak didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS sesuai dengan perkembangan kehidupan , masyarakat, ilmu pengetahuan dan teknologi.
Sumber:
Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar