Tujuan Pembelajaran IPS di SD
IPS merupakan salah
satu mata pelajaran yang diberikan di SD yang mengkaji seperangkat peristiwa,
fata, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Memuat materi
geografi, sejarah, sosiologi dan ekonomi. Melalui pelajaran IPS, anak diarahkan
untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, bertanggung jawab,
serta warga dunia yang cinta damai. Pada dasarnya, pembelajaran IPS bertujuan
membentuk warga negara yang berkemampuan sosial dan yakin akan kehidupannya
sendiri di tengah-tengah kekuatan fisik dan sosial, yang pada gilirannya akan
menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab, sedangkan ilmu sosial
bertujuan menciptakan tenaga ahli dalam budang ilmu sosial.
Secara garis besar,
mata pelajaran IPS bertujuan agar anak didik memiliki kemampuan sebagai
berikut:
a. Mengenal konsep-konsep yang
berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
b. Memiliki kemampuan dasar untuk
berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan
keterampilan dalam kehidupan sosial.
c.
Memeiliki
komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
d. Memiliki kemampuan berkomunikasi,
bekerjasama an berkompetensi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal,
nasional, dan global.
Sedangkan secara keseluruhan
tujuan pendidikan IPS di SD adalah sebagai berikut:
a. Membekali anak didik dengan
pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupan kelak di masyarakat.
b. Memebekali anak didik dengan
kemempuan mengidentifikasi, menganalisis dan menyusun alternatif penyelesasian
masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.
c.
Membekali
anak didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat dan
berbagai bidang keilmuan serta bidang keahlian.
d. Membekali anak didik dengan
kesadaran, sikap mental yang positif dan keterampilan terhadap pemanfaatan
lingkungan hidup yang menjadi bagian dari kehidupan tersebut.
e.
Membekali
anak didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS sesuai
dengan perkembangan kehidupan , masyarakat, ilmu pengetahuan dan teknologi.
Sumber:
Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan
Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar