Senin, 10 Oktober 2016

Keguanaan Filsafat Bagi Manusia



Keguanaan Filsafat Bagi Manusia
Melalui pemikiran filsafat, manusia dimungkinkan dapat melihat kebenaran tentang suatu diantara kebenaran-kebenaran yang lain. hal ini memungkinkan ia mencoba mengambil segala kemungkinan informasi (alternatif), diantara alternatif kebenaran yang ada ketika iu. Dalam hal ini manusia yang mampu mengadakan pilihan-pilihan yang tepat terhadap masalah-masalah yang dihadapi, maka ia belajar mendekati “kebijaksanaan”.
Seorang yang bijaksana akan memiliki kemungkinan yang paling tepat dalam usahanya mencapai “kesejahteraan hidup”. Karena ia mempunyai wawasan yang tepat dan mendalam. Dia berusaha mengerti apa artinya hidup dengan segala masalah yang muncul dan yang ia hadapi.
Di samping itu filsafat memberikan petunjuk dengan metode pemikiran reflektif dan penelitian penelaran supaya kita dapat menyerasikan antara logika, rasa, rasio, pengalaman dan agama di dalam usaha manusia mencapai pemenuhan kebutuhannya dalam usaha yang lebih lanjut yaitu:”Mencapai Hidup sejahtera”.
Dalam hal ini manusia tidak dengan begitu saja menceburkan diri ke dalam salah satu perbuatan atau situasi, karena ia selalu sadar, bahwa ia berbuat tentang sesuatu atau tidak berbuat tentang sesuatu itu. Disini perasaan filsafat ialah secara kritis menyerasikan kehidupan manusia, sehingga tampak sikap hidup manusia serta arah yang mendasarinya di dalam usaha mereka mencapai kesejahteraan hidup tadi.
Sumber:
Salam, Burhanuddin.2015. pengantar Filsafat. Jakarta: Bumi Aksara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar