Senin, 17 Oktober 2016

Manfaat Sosiologi



Manfaat Sosiologi
Berikut ini terdapat manfaat sosiologi dalam kehidupan sehari-hari manusia:
a.      Untuk pekerjaan sosial, sosiologi memberikan gambaran/ pengertian tentang pelbagai problem sosial, asal-usul atau sumber terjadinya, prosesnya, dan sebagainya. Dengan gambaran seperti ini maka dapat dicari car-cara pendekatan untuk mengatasi problem sosial secara tepat.
b.      Untuk pembangunan pada umumnya, sosiologi memberikan pengertian tentang “masyarakat” secara luas, sehingga dengan gambaran tersebut para perencana dan pelaksana pembangunan dapat mencari pola pembangunan yang paling sesuai agar berhasil. Hal-hal yang dapat diketahui dari sosiologi untuk pelaksanaan pembangunan antara lain:
1.      Kebutuhan/tuntutan masyarakat setempat, sehingga pembangunan dapat sesuai dengan keadaan nyata
2.      Stratifikasi (pelapisa) sosial, dengan memahami dapat menentukan bagi lapisan mana pembangunan akan dilakukan. Atau mau diapakan lapisan-lapisan sosial itu dalam pembangunan.
3.      Letak pusat-pusat kekuasaan, dengan mengetahui ditangan siapa kekuasaan berada, maka usaha pembangunan akan digerakan
4.      Sistem dalam saluran-saluran komunikasi, dengan memahami hal ini maka ide-ide pembangunan dapat sampai kepada anggota masyarakat, dapat diterima dengan baik oleh mereka, karena saluran lewat sistem dan saluran komunikasi yang tepat
5.      Perubahan-perubahan sosial, dengan mengetahui hal ini para perencana dan pelaksana pembangunan dapat menentukan arah atau mengendalikan proses perubahan yang sedang terjadi atau akan terjadi. Atau. Akibat proses sosial yang telah terjadi, perubahan diharapkan berkembang menjadi positif.
Sumber: Ary H Gunawan.2010. Sosiologi Pendidikan Suatu Analisis Sosiologis tentang Pelbagai Problem Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar