Pertimbangan Pemilihan Strategi
Pembelajaran
Pemeblajaran
pada dasarnya adalah proses penambahan informasi dan kemampuan baru. Ketika
kita berpikir informasi dan kemampuan apa yang harus dimiliki siswa, maka pada
saat itu juga kita semestinya berpikir strategi apa yang harus dilakuakan agar
semua itu dapat tercapai secara efektif dan efesien. Ini sangat penting untuk
dipahami, sebab apa yang harus dicapai akan menemukan bagaimana cara
mencapainya. Oleh karena itu, sebelum menentukan strategi pembelajaran apa yang
digunakan, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan.
a. Pertimbangan yang berhubungan dengan tujuan
yang ingin dicapai
Pertanyaan-pertanyaan
apa yang dapat diajukan adalah:
1.
Apakah tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
berkenaan dengan aspek kognitif, afektif, atau psikomotor?
2.
Bagaimana kompleksitas tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai, apakah tingkat tinggi atau rendah?
3.
Apakah u ntuk mencapai tujuan itu memerlukan
keterampilan akademis?
b. Pertimbangan yang berhubungan dengan bahan
atau materi pembelajaran:
1.
Apakah materi pelajaran itu berupa fakta,
konsep, hukum, atau teori tertentu?
2.
Apakah untuk mempelajari materi pembelajaran itu
memerlukan prasyarat tertentu atau tidak?
3.
Apakah tersedia buku-buku sumber untuk
mempelajari materi itu?
c. Pertimbangan dari sudut siswa
1.
Apakah strategi pembelajaran sesuai dengan
tingkat kematangan siswa?
2.
Apakah strategi pembelajaran itu sesuai dengan
minat, bakat, dan kondisi siswa?
3.
Apakah strategi pembelajaran itu sesuai dengan
gaya belajar siswa?
d. Pertimbangan-pertimbangan lainnya
1.
Apakah untuk mencapai tujuan hanya cukup dengan
satu strategi saja?
2.
Apakah strategi yang kita terapkan dianggap
satu-satunya strategi yang dapat digunakan?
3.
Apakah strategi itu memiliki nilai efektivitas
dan efesiensi?
Pertanyaan-pertanyaan
di atas, merupakan bahan pertimbangan dalam menetapkan strategi yang ingin
diterapkan. Misalnya untuk mencapai tujuan yang berhubungan dengan aspek
kognitif, akan memiliki strategi yang berbeda dengan upaya untuk mencapai
tujuan afektif atau psikomotor. Demikian juga halnya, untuk mempelajari bahan
pelajaran yang bersifat fakta akan berbeda dengan mempelajari bahan pembuktian
suatu teori, dan lain sebagainya.
Sumber: Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar
Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Jawabannya mana
BalasHapus