Sumber Belajar
Yang
dimaksud dengan sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan
oleh siswa untuk memepelajari bahan dan pengalaman belajar sesuai dengan tujuan
yang hendak dicapai.
Dalam
proses penususnan perencanaan program pembelajaran, guru perlu menetapkan
sumber apa yang dapat digunakan oleh siswa agar mereka dapat mencapai tujuan
yang telah ditentukan.
Dalam
pengajaran tradisional, guru hanya sering menetapkan buku sebagai sumber
belajar. Itu pun biasanya terbatas hanya dari salah satu buku tertentu saja.
Dalam proses pembelajaran yang dianggap modern sesuai tuntutan standar proses
pendidikan dan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
khususnya teknologi informasi, maka sebaiknya guru memanfaatkan sumber-sumber
lain selain buku. Hal ini penting, sebab penguasaan salah satu sumber tertentu
saja, akan membuat pengetahuan siswa terbatas dari suatu sumber yang ditetapkan
itu.
Beberapa
sumber belajar yang bisa dimanfaatkan oleh guru khususnya dalam setting proses
pembelajaran di dalam kelas diantaranya adalah:
a.
Manusia
sumber
Manusia
merupakan sumber utama dalam proses pembelajaran. Dalam usaha pencapaian tujuan
pembelajaran, guru dapat memanfaatkannya dalam setting proses belajar mengajar.
Misalkan untuk mempelajari undang-undang lalu lintas, guru bisa menggunakan
polisi lalu lintas sebagai sumber belajar utama siswa. Demikian juga untuk
mempelajari topik-topik yang berhubungan dengan kesehatan, guru dapat
memanfaatkan tenaga medis seperti dokter atau perawat kesehatan.
Memang
pemanfaatan manusia sebagai sumber belajar oleh guru khususnya dalam setting
prose belajar mengajar di dalam kelas, masih belum memasyarakat. Selama ini
penggunakan manusia sumber baru digunakan di luar kelas, itupun masih sangat
terbatas. Akan tetapi dalam proses pendidikan modern, hal ini perlu dicoba.
Sebab, penggunaan manusia sumber secara langsung akan menambah motivasi belajar
serta akan menambah wawasan yang luas, disamping dapat menghindari terjadinya
salah persepsi.
b.
Alat dan
bahan pengajaran
Alat adalah
segala sesuatu yang dapat digunakan untuk membantu guru; sedangkan bahan
pengajaran adalah segala sesuatu yang mengandung pesan yang akan disampaikan
kepada siswa. Alat dan bahan biasanya menjadi satu kesatuan yang tidak
terpisahkan. Yang menjadi bahan pelajaran di antaranya, adalah buku-buku,
majalah, koran, dan bahan cetak lainnya, transparansi yang berisi pesan yang
akan disampaikan, film slide, foto, gambar, dan lain sebagainya. Sedangkan yang
termasuk pada alat adalah seperti overhead
projector (OHP) atau alat pewayang pandang (OHP) untuk memproyeksikan
transparansi, slide proyektor untuk
menayangkan film, slide, tape, video player memutar kaset audio dan kaset video
dan lain sebagainya.
c.
Berbagai
aktivitas dan kegiatan
Yang
dimaksud aktivitas adalah segala perbuatan yang sengaja dirancang oleh guru
untuk memfasilitasi kegiatan belajar siswa seperti kegiatan diskusi,
demonstrasi, simulasi, melakukan percobaan, dan lain sebagainya.
d.
Lingkungan
atau setting
Adalah
segala sesuatu yang dapat memungkinkan siswa belajar. Misalnya, gedung sekolah,
perpustakaan, laboratorium, taman, kantin sekolah, dan lain sebagainya.
Sumber: Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar
Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar